Pemeriksaan Hemoglobin

Nilai Normal :
Laki-laki      : 14-18 gr/dl
Perempuan  : 12-16 gr/dl
Anak-anak  : 10-16 gr/dl
BBL            : 12-24 gr/dl


Terdiri dari 4 kandungan haem (zat besi) dan 4 rantai globin.
^ : anemia, kanker, ginjal, pemberian carian intra vena, & Penyakit Hodkins serta obat-obatan.
v : dehidrasi, polisitemia, paru obstruktif menahun, gagal jantung, luka bakar hebat, dan obat-obatan


Pemeriksaan Gold Standard > Sahli

Prinsip : Hemoglobin diubah menjadi hematin asam, dengan warna coklat tua, kemudian di encerkan dengan aquadest dan di samakan dengan standard warna.

Alat dan Bahan :
1. Haemometer sahli
2. Aquadest
3. HCl 0,1 N

 Cara Kerja :
1.Siapkan tabung dan isilah dengan HCl 0,1 N hingga garis yang terendah (pada angka 2). kira-kira 5 tetes.
2.Hisaplah darah dengan pipet kapiler Hemoglobin hingga garis batas 20mikroliter.
3.Bersihkan, disapu dengan kertas saring, darah yang terdapt dibagian luar ujung pipet. Hati-hati jangan sampai darah dalam kapiler turut keluar.
4.Masukkan pipet kapiler tsbt. kedalam tabung pengukur hingga tercelup didalam HCl 0,1 N dan hembuskan perlahan-lahan. Isap dan hembuskan lagi supaya isi tabung tercampur dengan baik. Letakkan tabung pengukur tsbt. diantara dua telapak tangan dan kocoklah beberapa saat, Tunggulah 1-2 menit. Terjadi warna coklat tua.
5.Ambilah Aquadest dengan pasteur pipet dan teteskan tetes demi tetes kedalam larutan Hematin chlorida yang berwrna coklat tua itu dan aduk dengan batang gelas pengaduk. Dengan melatakkan kedalam celah diantara cylinder warna standart kita samakan isi tabung perngukur itu. Bila masih terlalu tua warnanya tetesi lagi aquadest. Bila terlampau banyak aquadest dan warna menjadi lebih muda maka pemeriksaanharus diulang dari awal.
6.Setelah tercapai warna yang sama, kita perhatikan garis batas mana yang dicapai oleh permukaan larutan, menumjukan skala atau kadar Hb. dalam gr%.
Misalnya : pada angka 13 >>> jadi kadar Hb = 13 gr%

Komentar